Pages

Monday, December 30, 2013

Hal-hal Sederhana Untuk Menjaga Lingkungan


Gambar animasi lingkungan kotor


Lingkungan merupakan bagian dari suasana kehidupan kita, jika lingkungan kotor atau tidak bersih akan menimbulkan sarang penyakit bagi manusia itu sendiri. Dari mulai penyakit biasa hingga penyakit yang mengerikan. Nah! supaya lingkungan tetap bersih kita dapat melakukan hal-hal yang sederhana yang mungkin sudah banyak kawan lakukan.

Hilangkan kebiasaan buang sampah sesuka hati


Jangan ditiru buang sampah sembarangan


Kebiasaan yang satu ini patut kita hilangkan, walaupun sulit juga. Saat kita bingung membuang sampah tetapi tempat sampah yang dicari-cari tidak ada atau terletak sangat jauh, maka banyak orang menggunakan jalan pintas dengan menggunakan cara ini. Sebaiknya kita hentikan kebiasaan ini kawan, dengan cara simpan dulu sampah pada kantung plastik atau dimasukkan kedalam saku. Walaupun agak malu menenteng sampah tetapi setidaknya kita mengurangi pembuangan sampah yang tidak terkontrol.


Daur ulang sampah
Kalau yang ini sudah banyak contoh mendaur ulang samapah seperti bungkus-bungkus sampah yang dijadikan tas, botol-botol plastik bekas yang dijadikan sebagai vas bunga maupun tempat pensil. Jika kawan memiliki ide kreatif mengolah sampah ini merupakan sumber ladang untuk memulai usaha. Disamping bahan baku dari sampah yang tidak bayar alias gratis dan manfaat besar yang didapat.

Gunakan kembali botol atau kantung plastik


Gambar botol plastik bekas


Apabila kawan sering beli minum air mineral, manfaatkanlah botol air minum tersebut untuk digunakan kembali. Soal kantung plastik, jika kawan sering belanja di pasar atau supermarket pastikan kawan jangan buang itu kantung plastik karena dapat digunakan kembali semisal untuk menaruh barang belanjaan ketika berbelanja di toko. Kantung-kantung plastik juga bisa dibuat tas atau kerajinan kreatif lainnya.

Pilah-pilah jenis sampah



Jika kawan ingin buang sampah, jangan lupa untuk membuang sampah sesuai kategorinya agar mudah di daur ulang dan dimanfaatkan.

Kurangi penggunaan deterjen
Deterjen yang mengalir ke aliran sungai akan membuat organisme di dalam sungai akan mati dan mencemari aliran sungai. Ini biasanya banyak dijumpai di kota-kota besar. Usahakan sedikit mungkin untuk menggunakan deterjen (secukupnya).

Mungkin itu beberapa hal yang dapat dilakukan. Jika kawan mempunyai saran? sampaikan ke kotak komentar. Terima kasih


0 comments:

Post a Comment