Pages

Thursday, January 2, 2014

Cara Menghemat Pemakaian Energi Listrik Rumah Tangga

Energi listirk merupakan energi terpenting dalam aktivitas manusia, hampir semua aktivitas manusia di era saat ini banyak melibatkan energi listrik mulai dari industri hingga ke rumah tangga.

Dalam pembahasan kali ini, ada beberapa tips-tips yang dapat dilakukan untuk menghemat energi listrik di lingkungan rumah tangga selain membantu menghemat ketersediaan energi listrik tentu juga menghemat untuk membayar tagihan listrik.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

1. Matikan lampu di siang hari atau saat tidak dipergunakan


Tingkatkan kesadaran pemakaian energi listrik


Ini merupakan kegiatan yang paling mudah untuk dilakukan setiap hari. Namun, terkadang banyak yang lupa untuk mematikan lampu pada saat telah digunakan ketika siang hari.


2. Menggunakan barang-barang elektronik yang hemat energi


Barang-barang elektronik hemat energi


Dengan menggunakan barang-barang elektronik yang hemat energi kita dapat merampingkan konsumsi listrik rumah tangga.
3. Sirkulasi udara yang baik di rumah



Penempatan jendela atau ruang terbuka merupakan langkah untuk tidak memboroskan energi, karena dengan adanya tersebut kita tidak harus menyalakan lampu atau AC. Tinggal menikmati hembusan angin dan penerangan yang cukup oleh sinar matahari.
4. Mengatur waktu untuk mencuci pakaian atau pun menyeterika
mesin cuci pakaian - arcaco



Jangan setiap hari selalu melakukan kegiatan mencuci pakaian atau pun menyeterika karena hal ini mengakibatkan penggunaan listrik yang dapat meningkat karena peralatan-peralatan tersebut membutuhkan energi listrik yang tidak kecil. Untuk mengantisipasi agar melakukan penghematan dengan cara mencuci pakaian satu minggu sekali atau tiga hari sekali dan juga menyeterika.

5. Perawatan secara berkala pada instalasi listrik


Perawatan pada instalasi listrik rumah - arcaco


Kegiatan ini juga sangat penting untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan pada penghantar kabel dengan alat.
6. Pakailah mesin pompa air yang hemat energi

arcaco

Mesin pompa air juga termasuk barang yang menggunakan listrik lebih banyak dari benda yang lainnya maka dari itu kita juga harus memilih pompa air yang hemat energi listrik.

7. Lebih baik gunakan Laptop daripada Komputer


Laptop memakan energi listrik lebi sedikit daripada komputer karena laptop hanya memerlukan listrik DC yang di hasilkan adaptor sedang komputer membutuhkan listrik AC lebih dari 200 watt. Perkirakan saja jika menggunakan komputer 5 jam penuh berapa listrik yang sudah terpakai.

Sources and Refrences
[1] http://presscore.ca/2012/reduce-you-energy-cost-by-79-without-using-toxic-fluorescent-lights.html
[2] absolutegreenrecycling.com
[3] www.tapja.com/home-design-with-good-air-circulation-room/beach-house-design-with-swimming-pool-and-outdoor-furniture-as-lounge-space/
[4] http://courtneyhouse.com/home-improvement-basics-part-1460.html/folded-laundry-cliparthome-improvement-basics-part-jglbqpa
[5] http://79.170.44.85/blusparx.co.uk/visualelectricalcheck.html



2 comments:

  1. tipsnya mantap nih broe, tapi bukannya listrik zaman sekarang sudah ada listrik pintar broe... apa itu gak pengaruh pada penghematan energi listrik...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berpengaruh tentu saja. tapi setidaknya kita melakukan antisipasi secara manual untuk menghemat energi listrik.

      Terima kasih sudah memberi tanggapan

      Delete