Pages

Friday, January 3, 2014

Manfaat Energi Matahari Yang Dirasakan Setiap Hari

matahari


Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi manusia dengannya semua kehidupan di bumi menjadi terang. Coba bayangkan jika tidak ada matahari? rasanya alam ini gelap gulita tanpa adanya penerangan.

Matahari tidak hanya memancarkan cahaya matahari ke bumi tetapi juga memancarkan energi panas. Ini menjadikan matahari sebagai sumber energi tidak habis sekali pakai. Matahari tidak menghasilkan polutan atau hal yang merusak atmosfir bumi.

Energi matahari dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis bidang. Nah! kali ini kita akan membahas manfaat energi matahari yang dirasakan setiap hari.

1. Pengering pakaian alami

Dengan bantuan energi cahaya matahari kita dapat mengeringkan pakaian tanpa dibebankan biaya alias gratis. Bandingkan jika kita menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan pakaian walaupun mesin cuci itu hemat energi tetapi masih berbeda jauh ketika memanfaatkan energi matahari.

2. Pembangkit energi listrik

Pancaran cahaya matahari yang panas dapat digunakan sebagai pembangkit listrik dengan menggunakan solar cells yang mampu menunjang kegiatan manusia yang membutuhkan energi listrik.

3.Penerangan cahaya secara alami

Ketika siang hari usahakan tidak menghidupkan lampu karena akan menimbulkan pemborosan energi listrik. Semestinya kita desain ruangan atau rumah kita mudah dijangkau oleh cahaya matahari dengan begitu kita tidak membutuhkan penerangan lampu. Jadi bisa hemat energi dan hemat membayar tagihan listrik.

4. Pengering hasil pertanian dan perkebunan
Padi yang telah dipanen oleh petani biasanya dijemur di bawah terik matahari terlebih dahulu untuk mengeringakan padi tersebut agar memudahkan proses penggilingan. Selain itu, banyak hasil perkebunan yang memanfaatkan cahaya matahari sumber pengering seperti kopi, teh, dan lain sebagainya.

5. Membantu proses fotosintesis pada tumbuhan
Proses secara kimia yang terjadi pada tumbuhan memerlukan cahaya matahari sebagai komponen terpenting. Pada proses ini tumbuhan menghasilkan gas oksigen yang berguna bagi kehidupan manusia. Marilah kita cintai dan rawat tumbuhan.

6. Membuat hangat suhu di bumi
Dengan bantuan cahaya matahari suhu di bumi menjadi hangat, bayangkan saja jika tidak ada matahari bisa-bisa bumi ini menjadi dingin dan beku.


Semoga bermanfaat.


Sources and Refrences
[1] http://xooplate.com (image)

2 comments:

  1. energi matahari juga dapat menghilangkan berbagai penyakit yang ada di tubuh kita khususnya energi matahari pagi. salam sukses

    ReplyDelete